Parafin Usang 13 Tahun Lalu (Lilin Hias)

Hasil bongkar dan menata gudang adalah menemukan bahan lilin sisa jaman KKN tigabelas tahun yang lalu. Sudah lama sekali ya, beberapa sudah tampak menguning di makan usia seperti parafin, benang dan bahkan lilin wasnya pun sudah berjamur, yang semula berwarna broken white, jadi menghitam. Tapi masih bisa digunakan lho. Hanya terpaksa membuang lilin wasnya. Dan dengan sisa yang masih ada mari optimalkan membuat craft lilin hias. 


Alat dan Bahan: 
1. Parafin
2. Stearin
3. Jar/ Toples/ Gelas kaca bekas
4. Benang katun
5. Bilah bambu 
6. Perekat (seharusnya pakai was, tapi aku pakai selotip saja)
7. Kertas Kalkir 
8. Spidol
9. Asesoris (pita renda, bunga plastik) 
10. Set alat pemanas (panci dan adukan)
11. pewarna minyak
12. parfum non alkohol (aku skip karena kucari tidak ada sudah hilang) 

Cara membuat
Potong benang secukupnya (sesuaikan kebutuhan tinggi jar/ gelas. 
Siapkan parafin dan stearin secukupnya (100gr : 10gr) 
Didihkan parafin dan stearin hingga meleleh, lalu celupkan benang katun dalam cairan lilin dan tarik lurus biarkan sejenak mengering kaku sebagai sumbu. 
Jepitkan benang katun kering itu ke bilah bambu lalu rekatkan pada jar/ gelas dengan bantuan lilin was/ atau selotip, bisa juga dengan karet ya. 
Panaskan lagi campuran lilin dan beri pewarnaan serta pewangi. Untuk menggunakan pewarna minyak sebaiknya sedikit saja (dengan menggunakan lidi) karena warnanya sangat pekat. Aduk-aduk dan setelah merata matikan api biarkan sejenak agar tidak terlalu panas (usahakan masih cair) lalu tuang ke dalam jar yang sudah disiapkan. Tunggu hingga dingin mengering dan lilin sudah bisa digunakan. Untuk dekorasi bisa ditempelkan asesoris di luar jar dan tulisan hias pada bagian dalam jar dengan kertas kalkir sebelum lilin dituang. 

Oya selain menggunakan parafin kamu bisa juga menggunakan minyak goreng baru/ limbah minyak goreng (sudah disaring bersih) untuk jadi lilin lho. Dan fungsi stearin sendiri adalah agar lilin kokoh dan keras. Semakin banyak stearin lilin akan semakin keras. 

Semoga menjadi lilin ide waktu luang yang menyenangkan! 

Comments

Popular Posts