Serba Serbi Periuk Pandemi

Mari memasak, berkreasi dan berwisata kuliner virtual 
Kastengel Cream Cheese, Kastengel Bulan Sabit, nah ini versi yang lebih meyakinkan karena dipanggang dengan oven beneran hasil bongkar gudang ada oven tua nenek
Castengel Cream Cheese dan Kue Sagu, ini hasil modifikasi sisa bahan butter cream kue tartku kemarin, dipanggang dengan oven²an loyang dan teflon :D
Ketapang bawang, modifikasi dari bahan adonan kulit hakau yang ga jadi dibuat karena bahan isian udang sayur sudah habis
Hakau Udang Sayur, dengan isian udang, wortel dan kol cincang
Rainbow Cake, 3 layer dengan selai strawberry dan milk butter cream, sudah lama ga makan kue tart, malas beli sengaja ingin belajar bikin biar bisa bikinin mama kue ultah, dan termotifasi karena pernah ada request teman untuk buatin kue ultah kapan waktu

Sosis Solo, siapa sangka ini makana raja :) ya ini resep hasil racikan Sultan Pakubuwono X yang diadopsi dengan citarasa kearifan lokal dari sosis yang dibawa oleh Belanda. Paling suka bikin ini sekali coba lancar jaya, hasilnya pun tak mengecewakan. Isiannya dari sisa bahan isian lemper yang aku buat hari sebelumnya
Selai Tomat, dibuat karena stok tomat melimpah dari pemberian teman. Kalau dibuat jus sudah biasa enaknya diapakan ya? Maka terciptalah selai ini. Mama bilang itu saos? teman bilang "ha apa rasany?" haha ya rasa tomat dong, mindset orang pasti tomat kalau ga untuk masak, ya jus atau saos. Tapi ini beneran selai buat makan roti ya. 
Keripik Jamur Tiram, dulu waktu di Jakarta sering pesan dari teman, berkali-kali coba bagaimana cara membuatnya trial and error hingga akhirnya bisa. 

Keripik Pare, siapa bilang pare pahit ga enak, ini keripik ga pahit sama sekali kok dan renyah jadi solusi makan sayur sekaligus lauk
Kuih Badak Berendam, kudapan asal Tanjung Pinang yang punya banyak nama di berbagai daerah. Di Pontianak dikenal dengan sebutan Doko-doko/Roko-roko, sedang di Indonesia rata-rata orang mengenalnya sebagai kue putri mandi. Dan nama Badak Berendam adalah nama familiarnya di negara tetangga kita Malaysia, mereka juga menyebutnya Sopang. Oya kue ini adalah request salah seorang teman juga. 
Lumpia Enten, nah ini kudapan yang kubuat dari sisa bahan isian enten (kelapa parut yang dimasak dengan gula jawa) dari Kuih Badak Berendam. Bentuknya mirip martabak mini ya.
Hakau Daging, salah satu jenis dimsum. Bisa disimpan sebagai frozen food dan ditambahkan saat kita membuat mie instan/ ramen.
Hakau Goreng, nah ini bentuk lain dengan opsi penyajian digoreng. Renyah sekali cocok untuk teman makan mie goreng atau dicemil dengan saos mayo. Oya mama suka banget jadi aku bikin lagi stok ini tapi dengan isian udang sayur. 
Selai Strawberry Naga, dibuat karena ingat selai strawberry pada ice cream Sunday Strawberrynya KF* (favorite banget) karena mager beli dan selama pandemi sama sekali hampir ga pernah beli makanan jadi di luar aku buatlah selai ini sendiri dan ice cream vanillanya. Hanya ada modifikasi dengan campuran buah naga sisa dari bahan salad buah dikulkas. Dan warnanya menjadi lebih cantik merah pink magenta.
Ice Cream Strawberry Naga, nah ini Sunday Strawberrynya KF* KW :)
Ice Cream Coklat Milo
Lemper, terbuat dari rindu pada ingatan masakan nenekku
Lemper Ayam, "yen dialem ojo memper" (jika dipuji jangan menjadi sombong) nah itulah salah satu jajan pasar tradisional Jawa yang mengusung filosofi untuk mengajarkan kita kerendahan hati. Oya lemper ini makanan yang sering muncul di acara-acara adat di Jawa seperti mantenan dan Rabu Pungkasan (acara adat masyarakat Bantul) yang dijadikan ajang silahturahmi warga kampung agar saling mempererat persaudaraannya melalui filosofi ketan sebagai bahan dasar lemper ini. "Ketan, kanggo ngraketke iketan" 
Bakso Ikan Tenggiri, 2 potong ikan tenggiri kuolah menjadi bakso (stok frozen food di rumah) yang rencananya untuk memasak bihun ebi. 
Dessert Coklat Strawberry Cream Cheese, dengan 3 layer : layer 1 puding coklat, layer 2 cream cheese dengan potongan buah strawberry segar, layer 3 whipped cream buatan sendiri yang ekonomis (solusi beli whipped cream jadi mahal)
Bolu Marmer Matcha, trial and error yang berhasil setelah Bolu Marmer Coklat. Bolu yang berhasil dibuat tanpa emulsifier. Dan lagi belajar bikin motifnya. 
Bolu Marmer Coklat, favoriteku. Hasil yang mebuahkan setelah trial and error berkali-kali. 
Tortilla Pizza Cabe Teropong, haha solusi murah bikin italian pizza yang tipis di rumah. Adapun paprika yang mahal aku ganti dengan cabe teropong merah dan hijau (stok di kulkas). Dan tepung tortillanya sendiri adalah modifikasi tepung gagal dari bahan kulit risol yang kebetulan gluttennya sudah ngaret banget. Ditambah irisan daging, bakso, dan keju parut serta mayonnaise dan saus spaghetti.
Potatoes Cheese Sticks (Stik Kentang Keju) gurih renyah dengan aroma daun oregano tapi bikinnya susah (lama potong-potong dan pipihinnya)
Wingko Babat, makanan jadul asal kota Lamongan, Jawa Timur ini begitu terkenal di Semarang hingga saat ini. Bahkan kedua daerah tersebut sama-sama mengklaim makanan ini sebagai makanan khas asal daerahnya. Adapun hal itu karena sejarah mencatat asal muasal wingko ini menjadi familiar dari Semarang, dimana seorang wanita Loe Lan Hwa bersama suaminya, The Ek Tjong (D Mulyono) yang tinggal di daerah Babad, kota kecil di Lamongan membuka usaha di kota Semarang 1946 lantaran mereka pindah dari Babad yang sedang huru-hara dalam suasana panas Perang Dunia II ke kota Semarang. Dan di kota Babad asalnya, memang makanan jenis ini juga banyak dibuat masyarakatnya. Makanan jadul dari tepung ketan dan kelapa ini begitu familiar buatku sejak kecil. Biasa dibelikan nenek dan kakekku jika pulang dari salatiga, yang dijaja di dalam bus dengan bungkus kertas gambar kelapa atau kereta api. Dan memang wingko babat ini begitu sukses dipasarkan di jalur antar kota membidik konsumen yang memerlukan oleh-oleh.

Risol Rogut, Risol Mayo, dua jenis risol yang kubuat dengan cerita trial and errornya berkali-kali untuk membuat kulitnya. Tapi pengalaman membeli mahal sebuah pelajaran hingga berhasil membuatnya. 
Keripik Bayam, murah meriah seabreg dengan modal bayam seikat Rp. 3000,- saja. Adapun bayam yang biasa dipakai untuk membuat keripik adalah bayam petik/ bayam kakap jumbo. Bayam ini begitu mudah dibudidayakan dan kadang tumbuh liar di desa-desa.

Bolu Nutrisari, solusi membuat bolu tanpa tambahan pewarna dan sudah dengan rasa jeruk
Bolu Kopi, cara lain menikmati kopi dalam bentuk bolu
Bolu Pandan
Potato Cheese Sticks, realisasi resep dari kakak ipar 
Nasi Bakar Cumi
Bakso Susu Homemade, trial pertama membuat bakso urat
Rendang + Sambal Cabe Hijau, salah satu favorite adalah makan nasi padang di Palagan. Selain enak harganya juga lebih ramah dibanding padang lainnya. Tetapi karena pandemi yang membuat berpikir dua kali untuk membeli makanan jadi maka aku mencoba membuatnya. Oya di keluargaku sendiri dari jaman nenek memang sering memasak rendang hanya saja rendang kami memang rendang modifikasi citarasa Jawa, sedikit manis dengan tambahan kacang merah. Dan rendang adalah sajian yang saat masih ada nenek, tidak pernah absen sebagai sajian hari raya Natal.
Biji Ketapang, dibuat dari terigu dan kelapa sangrai yang dihaluskan
Soto Betawi, karena rindu masakan khas ibukota jaman kos
Ayam Suwir Kemangi, salah satu favoriteku
Pancake, dengan selai nanas buatan sendiri
Ayam Goreng Nanas Asam Manis, dari ingatan rasa jika makan di acara resepsi

Bakso dan Somay, dibuat atas request mama yang pingin makan bakso urat saat pandemi
Bolu Piscok, sedikit kebanyakan coklat dan kelamaan mengukus jadi sedikit gosong :D
Ca Buncis Wortel, pengalaman menyukai sayur sejak sering main ke biara susteran
Soun Kecap
Orak-Arik Buncis, terinspirasi dari lezatnya nasi box saat mengikuti kegiatan Sekolah Katekis Gereja, sederhana tapi enak. 
Kambing Yakiniku, nah ini mau berterima kasih dahulu sama tetangga desa yang selalu berbagi daging kurban saat Idul Adha. 
Ayam Jamur Teriyaki
Macaroni Cheese, salah satu makanan favorite mama
Kulit Ayam Onion Spicy, dibuat dari kulit dan bawang bombay, dengan paduan saos mayo
Sup Rolade, belum bisa mirip dengan yang dijual di kedai susu segar biasa aku pergi minum :)
Cumi Hitam, dibuat antara rindu masakan mama teman kosku dan juga mantan
Nasi Gorengku, nah ini makanan wajib anak kos yang hampir ga pernah absen dalam seminggu jaman di ibukota, sudah pasti solusi ramah kantong dan pas di perut. Oya hampir semua orang pasti bisa memasaknya, tapi sepengalamanku tak satupun yang rasanya sama, semua orang membuatnya dengan rasa yang  pasti berbeda. Nenekku membuatnya dengan rasa cenderung manis, mamaku membuatnya dengan citarasa asin ddan terasi, aku membuatnya dengan citarasa pedas, sedang penjual keliling nasi gorengnya cenderung kering. Dan sampai saat ini nasi goreng terenak yang pernah kumakan adalah nasi goreng di kantin SMA dan nasi goreng buatan kakak iparku :)
Spaghetti Tomat Bolognese, pasta adalah salah satu makanan favoriteku juga 
Cap Cay Sayur
Cilok, aci dicolok jajanan rakyat murah meriah tepi jalan yang cuti beli selama pandemi, jadi harus bisa bikin sendiri 
Proll Tape, kue yang kubuat tanpa mixer tanpa oven yang jadi favorite mamaku
Puding Coklat Mangga
Jenang Adven Ubi Ungu, dibuat dari ubi ungu dengan kuah santan yang gurih


Comments

Popular Posts